BeritaBerita Bakti Kominfo

Direktorat Layanan Ti Untuk Masyarakat Dan Pemerintah Bakti Kominfo Mengadakan Seminar Di Garut Dan Jogjakarta

By August 11, 2019 No Comments

Salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh Bakti Kominfo melalui direktorat Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah adalah melakukan sosialisasi di berbagai daerah melalui acara Seminar Merajut Nusantara . Program Sosialisasi ini dilaksanakan selalu bekerjasama dengan salah satu Anggota Komisi I DPR RI pada daerah pemilihan dari anggota DPR RI tersebut.

Pada tanggal 5 Agustus 2019, Program sosialisasi yang bertajuk Pemanfaatan TIK Oleh Masyarakat Sebagai Media Edikasi dan Bisnis dilaksanakan di Garut Jawa Barat. Hadir sebagai narasumber acara ini antara lain: Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra selaku Anggota Komisi I DPR RI. Danny Januar selaku Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah Bakti Kominfo serta Supiadin selaku penulis buku dan dosen STIPSI Sukabumi.

Sejalan dengan Seminar Merajut Nusantara yang dilakukan di Garut, pada tanggal 9 Agustus 2019 dilaksanakan pula Seminar Merajuta Nusantara bertemakan “Penggunaan Media Sosial Sebagai Bentuk Upaya Pengentasan Kesenjangan Digital Dalam Rangka Redesain USO” yang dilaksanakan di Hotel Grand Serela Jogyakarta.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Ahmad Hanafi Rais (Anggota Komisi I DPR-RI), BAKTI yg diwakili oleh Henri Subiakto (Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kominfo) dan Nazaruddin (Pengamat Media Sosial Yogjakarta). Kegiatan ini dihadiri oleh pemuda-pemudi serta masyarakat umum di wilayah Sleman, D.I Yogyakarta.

Dalam presentasinya, Henri menyampaikan mengenai pencapaian Kominfo dalam upaya menanggulangi kesenjangan digital diseluruh Indonesia melalui pembangunan infrastruktur telekomunikasi berupa BTS, Akses Internet, hingga proyek Palapa Ring yang  sudah dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat luas. Namun, Henri berharap pemanfaatan ini dapat digunakan secara bijak dan produktif. “Masa depan Indonesia ditentukan oleh kreativitas kaum muda yang imajinatif”, ujarnya. Sementara Nazar menyampaikan, pembangunan masif yang dilakukan melalui redesain USO ini harus terus dibarengi dengan literasi-literasi untuk masyarakat agar pemanfaatan internet secara positif dapat dirasakan betul tidak hanya di kota-kota besar, namun merata sampai kepelosok negeri.

Melalui kegiatan ini, Hanafi berharap masyarakat khususnya generasi muda dapat menyikapi diri tentang perubahan zaman yang sudah serba digital. Masyarakat harus sudah ‘melek media digital’ yg artinya mampu memanfaatkan era digital sebagai sumber informasi untuk meningkatkan kapabilitas diri masing – masing.

Ketiga narasumber dalam paparannya sepakat bahwa kita harus bijak dalam memanfaatkan TIK demi kebaikan masyarakat. Kegiatan Seminar Merajut Nusantara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama generasi muda. Agar mereka bisa menjadi generasi yang lebih baik di masa yang akan datang terutama dalam memanfaatkan TIK yang positif dan tentunya Masyarakat harus bijak dan cerdas dalam bermedia sosial, jika disalahgunakan bisa merusak persatuan bangsa.


Leave a Reply