BeritaBerita Bakti Kominfo

Menkominfo Membuka Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

By August 19, 2019 No Comments

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Agustus 2019. Program yang sudah digulirkan sejak 2016 ini diharapkan dapat memunculkan startup-startup baru yang potensial di Indonesia.

Acara dibuka oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Selain Menkominfo Rudiantara, peluncuran program juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Komisaris Utama Mahaka Group Erick Tohir, Creative Director Asian Games 2018 Whisnutama, CEO Bukalapak Achmad Zaky, CEO Traveloka Ferry Unardi dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Gerakan Nasional 1000 Startup ini merupakan program tahunan dan akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Tidak hanya di Jakarta, Program yang selalu dihadiri oleh kaum millenial ini akan dilaksanakan di 10 kota di Indonesia.

Saat ini Indonesia memiliki tiga unicorn dan satu decacorn. Ketiga unicorn tersebut yaitu Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka. Untuk Gojek yang sebelumnya menyandang status unicorn, kita sudah naik peringkat dan berhak menyandang titel sebagai decacorn. Untuk diketahui unicorn adalah istilah untuk statup yang memiliki valuasi senilai 1 milliar US dollar. Sedangkan decacorn adalah istilah untuk startup dengan valuasi 10 milliar US dollar.

Dalam sesi mentoring peserta Gerakan Nasional 1000 startup, Menkominfo Rudiantara menyampaikan bahwa Proyek Palapa Ring Paket Timur sudah memasuki tahap stabilisasi dan integrasi dengan Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah. Diharapkan pada minggu ketiga bulan September Proyek Palapa Ring Paket Timur sudah komersil. Dikatakan juga bahwa 4G sudah hadir disetiap kecamatan. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi startup-startup di seluruh Indonesia untuk segera dapat memanfaatkan layanan internet cepat ini.

Leave a Reply